Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Awet Dan Tidak Berjamur

Memiliki hobi mengoleksi sepatu, kamu tentu terbiasa dengan berbagai cara perawatan sepatu. Beda jenis, beda perawatan, sepatu memang membutuhkan perawatan khusus yang sesuai dengan kebutuhannya. Jika salah merawatnya, bukan tidak mungkin sepatu akan rusak dan tak lagi bisa digunakan. Untuk kamu yang suka dengan sepatu kulit, berbagai informasi terkait dengan sepatu keren ini tentu selalu menjadi hal menarik untukmu. Sepatu kulit menjadi salah satu yang paling diminati, meskipun sejumlah jenis sepatu yang baru telah bermunculan. Cara merawat sepatu kulit ini juga terbilang unik dan membutuhkan ketelitian, sebab jika dibandingkan dengan jenis sepatu lainnya, sepatu kulit meman terbilang sensitif dan membutuhkan perawatan ekstra.

Cara merawat sepatu kulit memang tidak perlu dilakukan dengan mencucinya, sebab sepatu yang satu ini tidak “bersahabat baik” dengan air. Namun meski begitu, bukan berarti kamu bisa membiarkan sepatu kulitmu kotor dan tidak terawat, sebab sepatu yang kotor seperti ini juga bisa berjamur dan rusak pada area permukaannya. Dengan harganya yang tidak bisa dibilang murah, kamu tentu tidak menginginkan sepatu kulitmu tidak terawat seperti ini, bukan?

Ada banyak cara merawat sepatu kulit yang bisa kamu lakukan agar sepatumu awet dan tahan lama, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

·         Hindari lembab

Sama dengan produk lainnya yang terbuat dari kulit, sepatu kulit juga tidak bisa disimpan dalam area yang lembab. Tempat lembab seperti ini akan membuat sepatu mudah berjamur dan kehilangan warnanya. Bukan hanya itu saja, dalam kondisi parah bisa saja sepatu kulitmu mengalami kerusakan dan tak bisa dipakai lagi. Pastikan kamu selalu menyimpan sepatu kulitmu di area yang kering dan tidak lembab sama sekali, sehingga berbagai kerusakan pada sepatu ini bisa dihindari.

·         Bersihkan dengan cara tepat

Bersihkan sepatu kulit dengan cara yang tepat, yakni dengan menggunakan lap lembut yang dibasahi dengan air hangat. Lakukan hal ini secara berkala, sehingga permukaan sepatumu bebas debu dan juga noda lainnya. Jangan biarkan noda dan debu menempel lama-lama pada sepatu kulitmu, sebab hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada permukaan sepatumu. Selain itu, bersihkan juga bagian tapak sepatu dengan menggunakan sikat lembut dan sedikit air sabun, agar keseluruhan sepatumu bersih sempurna.

·         Semir dengan teratur

Cara merawat sepatu kulit ini juga bisa kamu lakukan dengan menyemirnya secara teratur. Semir akan membuat penampilan sepatumu tetap bersih dan mengkilap, sebagaimana layaknya sepatu yang baru. Namun sebelum melakukan penyemiran, pastikan area permukaan sepatu sudah dalam kondisi yang bersih serta bebas debu dan kotoran lainnya. Selain itu, pilih juga semir yang berkualitas baik, sehingga hasilnya benar-benar memberikan tampilan yang lebih baik pada permukaan sepatumu.

·         Segera keringkan jika basah

Selalu ada kemungkinan sepatumu kulitu akan basah, meskipun hal seperti ini sangat jarang terjadi. Kamu harus mengetahui cara merawat sepatu kulit yang basah seperti ini, agar sepatumu tidak rusak dan berjamur akibat kotoran dan sisa air yang tidak dikeringkan. Jika sepatumu basah, maka segera keringkan dengan menggunakan kertas koran. Pastikan semua air benar-benar terserap dengan sempurna dan sepatumu kering. Lalu angin-anginkan sepatumu agar lebih kering dan bisa disimpan kembali. Hindari untuk mengeringkan sepatu di bawah matahari langsung atau bahkan dengan mesin pengering, sebab hal ini bisa merusak sepatu kulit itu sendiri.

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Related posts

Jenis Kacamata Hitam Pria yang Direkomendasikan agar Tampil Stylish

Sepatu Olahraga Wanita Adidas Terbaik April 2020

4 Pilihan Sepatu Olahraga Nike untuk Wanita