Resep Bakpao Sederhana Nan Mengenyangkan Untukmu Yang Hobi Masak!

Meski berasal dari China, bakpao banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Ya, selain mengenyangkan, bakpao juga memiliki paduan rasa manis dan gurih yang unik sehingga siapa pun kalangannya pasti bisa menikmatinya. Resep bakpao itu sendiri tidak berubah dari masa lampau hingga saat ini. Perbedaan yang mencolok hanya ada di bagian isiannya saja.

Untuk perbedaan isian ini, biasanya para penjual bakpao memberikan titik tanda warna yang berbeda di atas bakpaonya. Adapun warna yang dipakai adalah coklat untuk isian coklat, hijau untuk isian kacang hijau, dan warna merah untuk isian ayam atau jamur.

Bakpao sendiri di negara asalnya sering dijadikan sebagai menu wajib atau pengganti nasi, karena memang bahan dasarnya yang mengenyangkan. Penasaran dengan bagaimana cara membuat hidangan yang unik ini? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Menyiapkan bahan kulit dan bahan isian

Pada cara membuat bakpao, bahan yang harus kamu siapkan ada dua macam, yakni bahan kulit dan bahn isian. Untuk membuat kulitnya, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah tepung terigu protein rendah sebanyak 300 gram, tepung maizena sebanyak 60 gram, ragi sebanyak 8 gram.

Kamu juga harus menyiapkan bahan pengembang bakpao yakni baking powder sebanyak satu sendok teh, garam 1 sendok teh, mentega putih 30 gram, gula halus sebanyak 100 gram dan air dingin kira-kira sebanyak 150 ml. Adapun untuk bahan isiannya, kamu bisa menggunakan selai coklat ataupun strawberry, ataupun bahan isian daging-dagingan seperti ayam dan jamur.

  1. Membuat kulit bakpao

Untuk membuat kulit bakpao, kamu harus terus berlatih karena pada hasil pertama kamu tidak akan mendapatkan bakpao yang sempurna. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dan semakin bagus bagus hasilnya dalam membuat kulit bakpao.

Pertama-tama, siapkan wadah atau baskom besar lalu masukkan semau bahan pembuat kulit bakpao seperti tepung terigu, gula halus, tepung maizena, ragi, dan juga baking powder kemudian aduk hingga merata.

Masukkan air dingin sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung di dalamnya. Setelah itu, bubuhi dengan sedikit garam dan terakhir masukkan mentega putih. Uleni kembali adonan bakpao tersebut dengan tangan hingga tercampur dengan sempurna.

Setelah diuleni dengan baik, diamkan adonan kurang lebih selama setengah jam dengan menutup wadah dengan kain. Untuk membentuknya, ambil sedikit adonan bakpao lalu bentuk menjadi bulatan kecil lalu diamkan kembali bulatan adonan selama 10 menit.

  1. Memasukkan isian bakpao

Setelah bahan-bahan isian disiapkan, satu per satu pipihnya bulatan adonan tadi pipihkan lalu masukkan isiannya, bentuk bulat lagi. Setelah jadi bakpao dengan isiannya, diamkan kembali selama kurang lebih setengah jam. Di samping itu, siapkan kukusan yang telah dipanaskan dengan api sedang.

Masukkan bakpao yang telah diberikan isian di dalamnya, lalu kukus selama kurang lebih setengah jam hingga bakpao matang sempurna. Ambil satu buah bakpao untuk melihat kematangan di dalamnya. Dan apabila benar sudah matang, matikan kompor dan bakpao buatan rumahan siap untuk disantap selagi hangat.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat bakpao di atas? Selain mudah dan enak, bakpao ini juga bisa disimpan untuk beberapa minggu loh. Caranya adalah setelah menjadi bakpao yang matang, simpan di dalam kulkas dengan suhu dingin dan hangatkan kembali saat ingin dinikmati. Selamat mencoba!

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Related posts

Intip Kreasi Resep Brownies Kukus Dan Panggang Yang Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah!

Resep Praktis Batagor Bandung yang Sehat untuk Si Kecil

5 Harga Kulkas Murah Membuat Kantong Anti Gerah