Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Online agar Tidak Telat Bayar Pajak

Sebagai salah satu warga negara yang baik, kita yang memiliki kendaraan ataupun barang kepemilikan, memang sudah seharusnya memperhatikan pajak dan tidak abai pada kepentingan orang lain dan negara dengan taat pajak. Kesadaran itu adalah perihal yang melekat dalam pikiran kita. Namun, terkadang kesadaran saja tidak cukup. Sebagai seorang yang sibuk dengan aktivitas masing-masing, kadang kita sampai lupa waktu sehingga tidak tahu kapan tenggat waktu bayar pajak. Oleh karena itu, kita juga harus mengagendakan untuk rutin cek pajak kendaraan. Nah, persoalan ini kadang sulit dilakoni oleh kita yang memang tidak cukup waktu untuk mengecek ke samsat atau sekadar menengok surat-surat kendaraan kita.

Lalu, bagaimana cara agar kita tidak kelupaan waktu bayar pajak? Sebagai generasi yang tak terlepas dari teknologi, dalam hal ini gadget, tentunya kita tidak perlu khawatir. Sebab, saat ini kita bisa cek pajak kendaraan online melalui berbagai fasilitas yang tersedia dan berhubungan dengan gadget. Bagaimana cara cek pajak kendaraan online? Yuk simak cara-cara-cara berikut ini.

 

Mengecek pajak kendaraan via daring

Mengecek pajak secara online bisa dilakukan dengan mengakses situs-situs yang sudah disediakan oleh pihak pemerintah untuk mempermudah pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan. Biasanya situs itu adalah situs e-samsat. Maksudnya adalah samsat elektronik, penyedia layanan samsat secara online. E-samsat bisa diakses di berbagai alamat yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah daerah atau provinsi tertentu. Misalnya saja, samsat-pkb.jakarta.go.id, dispenda.jabarprov.go.id, esamsat.acehprov.go.id, dan lain-lain.

 

Lantas, bagaimana cara aksesnya? Pertama, kamu perlu memastikan pelat atau nomor kendaraan kamu masuk ke daerah/wilayah mana. Selanjutnya, kamu kunjungi situs e-samsat yang berkait dengan wilayah nomor kendaraanmu. Cek nomor kendaraanmu. Kamu akan melihat beberapa kolom mengenai data kendaraanmu. Di situ pula, informasi pajak kendaraan akan muncul. Misalnya, kapan harus membayar pajak dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Setiap situs dari berbagai daerah memang memiliki tampilan yang berbeda, namun garis besar alurnya sama.

 

Mengecek pajak kendaraan via aplikasi

Mengecek pajak kendaraan juga bisa melalui aplikasi yang dapat diinstall ke gagdget kamu. Terkhusus lagi, jika kamu memang berada di wilayah seperti Jakarta, Jawa, maupun Sumatera Barat. Dengan aplikasi ini, setidaknya kamu akan cukup terbantu karena kamu tidak perlu ribet berselancar lewat mesin peselancar seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

 

Langkah mengecek pajak kendaraan melalui aplikasi e-samsat juga sangat mudah. Pertama, kamu download dahulu aplikasinya di google playstore. Tentunya kamu harus sesuaikan wilayah kamu. Sebab, biasanya pembuatan aplikasi ini juga spesifik wilayah tertentu. Kemudian, pilih layanan menu pajak kendaraan bermotor (PKB). Carilah data kendaraanmu dengan mengetik nomor kendaraanmu. Kemudian, klik selanjutnya dan kamu dapat melihat beberapa informasi, seperti jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo.

Nah itulah tadi paparan mengenai cek kendaraan secara online. Tentunya, kamu saat ini tidak perlu khawatir lagi keribetan mengecek surat-surat atau datang langsung ke samsat terdekat. Kecuali, memang nomor kendaraan kamu tidak terdaftar pada samsat online. Kamu harus mengurusnya dulu di samsat terdekat.

 

Nah, bagi kamu yang ada di Jakarta, kamu dapat cek pajak kendaraan Jakarta melalui beberapa link yang berkait dengan aplikasi. Misalnya saja, kamu bisa cek pada http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB, atau pada https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.jakarta.pajakonline.mobile&hl=id. Untuk itu, tidak ada alasan lagi ya kamu kelupaan bayar pajak atau telat bayar pajak kendaraan. Jika sudah mengerti, yuk mari taat bayar pajak demi kepentingan dan kenyamanan bersama.

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Related posts

Lepas Penatmu dengan Nonton Drama Korea Komedi Romantis Berikut Ini!

5 Air Terjun yang Layak Dimasukkan ke dalam Agenda Wisata Bogor Kamu

Pastikan Cek Harga Jne, J&T, dan Tiki Sebelum Berbelanja Online!