Jangan Asal, Begini Cara Memilih Wallpaper Dinding Agar Cocok Ketika Digunakan!

Banyak orang yang mudah bosan dengan dekorasi yang ada di rumahnya. Dibanding mengganti warna cat kamar, banyak yang memilih menggunakan wallpaper dinding saja untuk mengubah suasana. Selain praktis dan tidak merepotkan, motif wallpaper dinding bisa disesuaikan dengan karakter dan kepribadian Anda. Saat ini pun ada beragam motif wallpaper dinding terbaru yang beredar di pasaran, mulai dari motif kayu, pemandangan alam, batu bata, dll.

Meskipun praktis karena bentuknya seperti sticker yang tinggal pasang, memilih wallpaper dinding tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatianmu dalam memilih wallpaper dinding. Berikut beberapa cara memilih wallpaper dinding agar cocok ketika digunakan!

Jangan Asal, Begini Cara Memilih Wallpaper Dinding Agar Cocok Ketika Digunakan!

  1. Pilih jenis wallpaper sesuai preferensi

Ada dua jenis wallpaper yang bisa kamu pilih, yakni jenis sticker yang tinggal ditempel tanpa membutuhkan lem atau perekat khusus dan jenis berperekat khusus yang membutuhkan alat bantu ketika menempelkannya.

Wallpaper jenis stiker pada bagian belakangnya sudah memiliki perekat sehingga sangat praktis. Kamu harus menempelkan wallpaper secepat mungkin agar lem yang ada di belakang wallpaper tidak kering.

Sedangkan wallpaper jenis berperekat khusus bisa digunakan untuk area dinding yang luas. Kamu bisa menggunakan lem atau double tape khusus untuk memasang wallpaper jenis ini. Dibandingkan wallpaper stiker, aplikasi dalam pemasangan wallpaper ini lebih rumit karena membutuhkan cutter sebagai pemotong wallpaper dan kuas roller untuk mengoleskan lem di tembok atau di wallpaper yang akan dipasang.

  1. Cek kesesuaian bahan wallpaper dengan dindingmu

Kamu harus memastikan bahan wallpaper yang akan dipasang cocok dengan tembokmu atau bahkan wallpaper yang sebelumnya telah terpasang. Jangan sampai sudah membeli wallpaper dalam jumlah yang banyak, ternyata wallpaper tersebut tidak bisa menempel dengan baik. Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu jenis bahan yang digunakan untuk wallpaper, biasanya seperti kertas, PVCm vinyl, heavy duty paper, dll.

  1. Pilih wallpaper yang tidak mengandung zat berbahaya

Pastikan wallpaper pilihanmu bebas dari bahan  atau zat kimia berbahaya. Mengapa? Penggunaan wallpaper biasanya dalam waktu yang lama, jika terdapat zat kimia berbahaya, paparannya bisa terhirup olehmu setiap hari sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan masalah kesehatan. Pastikan kamu telah mengecek bahan pembuatan wallpaper dengan teliti, apalagi kalau wallpaper tersebut berasal dari luar negeri jika kamu pesan secara online. Jangan tergoda dengan harga yang sangat murah ya, pastikan keselamatan dan kesehatanmu adalah hal utama.

  1. Pilih desain yang sesuai

Penting untukmu melihat kecocokan antara desain atau motif dengan ruangan yang akan kamu berikan dekorasi. Tentu saja akan tidak cocok jika kamu membeli wallpaper motif galaxy yang gelap untuk dipasang di sisi dapurmu bukan? Pastikan juga desain yang kamu pilih sesuai dengan ketersediaan cahaya di dalam ruanganmu, jangan sampai alih alih mendekorasi ruangan agar lebih cantik, ruangan yang kamu berikan wallpaper malah terasa lebih gelap dari sebelumnya karena pilihan warna yang tidak sesuai. Untuk ruang tidur, kamu bisa memilih motif atau desain yang dekat dengan alam, biasanya suasana alam akan membuat kita lebih relaks, tenang, dan nyaman sehingga kualitas tidur pun menjadi meningkat dan lebih baik.

Pastikan kamu memilih wallpaper sesuai dengan suasana yang ingin kamu tonjolkan. Kamu bebas bereksperimen sesuai dengan imajinasimu, tanpa khawatir dindingmu terkena jamur atau merusak dinding yah!

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Related posts

Review the Lodge Maribaya: Wisata Alam dengan Spot Foto Terlengkap

Beberapa Kelebihan Jam Tangan Casio Pria yang Harus Anda Ketahui

Apa Saja Keunggulan Jam Tangan Guess Pria? Yuk Simak Jawabannya