beauty

Khawatir dengan Jerawat di Hidung? Simak dan Kenali Ciri-Ciri Jerawat Batu di Hidung Anda

ciri ciri jerawat batu di hidung

Jerawat batu atau yang disebut Cystic acne adalah salah satu jenis jerawat yang parah dan menakutkan. Jerawat batu memiliki bentuk yang besar-besar yang disertai dengan peradangan hebat dan berkumul di seluruh muka, termasuk hidung. Jerawat ini memiliki tekstur benjolan yang di dalamnya berisi cairan (nanah) di bawah permukaan kulit. Bentuknya yang besar-besar tersebut tentu saja akan sangat jelas dilihat oleh mata sehingga dapat mengganggu penampilan. Akibatnya, seseorang yang memiliki jerawat batu di hidungnya pun menjadi tidak percaya diri ketika harus berhadapan dengan orang lain.

Jerawat memang merupakan masalah kulit yang hampir dialami oleh laki-laki dan perempuan di dunia. Namun, jerawat batu adalah jenis jerawat yang tidak semua orang bisa mengalaminya. Hanya orang-orang yang memiliki faktor tertentu saja yang dapat menderita jerawat batu. Sebelum mengetahui penyebab dari munculnya jerawat batu, mari simak terlebih dahulu ciri-ciri jerawat batu di hidung berikut.

Ciri-Ciri Jerawat Batu di Hidung

  1. Ukurannya lebih besar. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling parah dan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya.
  2. Lebih keras dan sakit saat ditekan. Ciri lain dari jerawat batu adalah apabila ditekan akan terasa keras dan sakit. Oleh sebab itu, apabila ciri-ciri ini sesuai dengan yang Anda alami, jangan menekan jerawat Anda terlalu kuat karena dapat menimbulkan rasa sakit yang berkelanjutan.
  3. Jerawat batu berisi cairan nanah. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa jerawat batu mengandung cairan berupa nanah yang akan membuatnya terlihat besar dan berwarna putih atau kekuningan.
  4. Sangat sensitif. Anda bisa merasa sakit walaupun wajah tidak terkena debu atau kotoran lainnya. Rasa sakit ini disebabkan oleh nanah dari jerawat batu yang menunjukkan bahwa kulit wajah Anda sudah terinfeksi.
  5. Cepat menyebar di area wajah. Jerawat batu adalah tipe jerawat yang akan cepat menyebar ke seluruh wajah, apalagi jika wajah Anda sedang kotor. Bahkan, lebih parahnya lagi, jerawat tersebut juga dapat menyebar sampai ke bagian leher.
  6. Apabila jerawat sudah menghilang akan memberikan bekas dan noda di kulit wajah Anda. Jerawat batu menghilang bukan berarti kulit Anda dapat mulus kembali. Hal ini karena jerawat batu yang sudah hilang akan menyebabkan kulit wajah Anda menjadi berlubang.
Baca Juga :  Tips Memilih Semir Rambut dan Perawatannya

Faktor-Faktor Penyebab Jerawat Batu

Beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya jerawat batu pada seseorang adalah sebagai berikut.

Faktor Genetik

Apabila Anda memiliki jenis wajah berminyak, kemungkinan besar keluarga Anda juga memiliki jenis kulit wajah yang berminyak pula. Jenis kulit yang berminyak inilah yang kemudian rentan terserang jerawat batu.

Faktor Psikologis

Seseorang yang sedang stres atau terlalu banyak beban pikiran juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat batu. Hal ini karena ketika Anda stres, otot-otot wajah akan menegang sehingga produksi kelenjar minyak pada wajah akan meningkat dan memicu tumbuhnya bakteri penyebab jerawat.

Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang terlalu tebal dan tidak segera dibersihkan juga menjadi penyebab pertumbuhan jerawat batu. Hal ini karena sebagian pori-pori wajah Anda akan tersumbat oleh kosmetik yang Anda gunakan.

Gaya Hidup

Gaya hidup yang dimaksud di sini berkaitan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang. Apabila seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat dan lemak yang terlalu tinggi akan dapat memicu munculnya jerawat batu.

Kebersihan Kulit Wajah

Kulit wajah yang tidak dijaga kebersihannya, baik dari kotoran seperti minyak, sel kulit mati, bakteri, polusi atau debu juga akan menjadi faktor yang memicu munculnya jerawat batu di wajah.

Sinar Matahari

Faktor penyebab lainnya yang memicu munculnya jerawat batu adalah seringnya atau terlalu lama kulit wajah yang terkena sengatan matahari. Tidak hanya menyebabkan munculnya jerawat batu, sengatan sinar matahari juga dapat membuat kulit menjadi rusak.

Konsumsi Pil KB

Bagi perempuan yang sudah menikah, munculnya jerawat batu dapat disebabkan oleh konsumsi pil KB. Seorang wanita yang mengonsumsi pil KB akan mengalami perubahan imunitas dalam tubuh yang kemdian dapat menyebabkan munculnya jerawat batu pada wajah.

Baca Juga :  Tips Ketika Menggunakan Masker Pemutih Wajah Alami

Itulah uraian singkat mengenai ciri-ciri jerawat batu dan faktor-faktor penyebab apa saja yang dapat memicu munculnya jerawat batu di hidung atau kulit wajah Anda. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan kulit wajah Anda.

Author Since: Mar 12, 2019

Related Post