beauty, Main

Awas, Ternyata Bisul Dapat Disebabkan Oleh 7 Hal lni!

Penyebab Bisul

Siapa yang tidak pernah mengenal bisul? Bisul merupakan hal yang umum terjadi baik pada anak-anak, dewasa, bahkan orang tua. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah akibat infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut. Seringkali kita kebingunan membedakan bisul dan jerawat karena keduanya bisa terlihat sangat mirip terutama dari tampilan secara sekilas. Padahal, penyebab bisul dan penyebab jerawat itu berbeda sehingga cara pengobatannya pun berbeda.

Awas, Ternyata Bisul Dapat Disebabkan Oleh 7 Hal lni!

Perbedaan Bisul dan Jerawat

Untuk membedakan bisul dan jerawat, kita dapat melihatnya dengan seksama dari segi tampilan dan lokasinya. Bisul biasanya muncul dengan ukuran yang kecil namun akan tumbuh membesar perlahan, berisi nanah, dan terbentuk titik putih pada bagian puncak. Di sekeliling bisul akan terlihat benjolan yang memerah dan membengkak. Sementara itu, jerawat biasanya tidak tumbuh membesar dan tidak menyebabkan pembengkakan seperti halnya bisul. Kemudian, bisul biasanya muncul di area yang sering berkeringat dan bergesekan dengan pakaian seperit paha, tangan, ketiak, pantat, dan selangkangan. Sementara itu, jerawat biasanya muncul di daerah yang memiliki kelenjar minyak aktif seperti wajah, dada, dan punggung.

Penyebab Bisul

Ternyata penyebab utama bisul adalah bakteriĀ Staphylococcus aureus. Sebenarnya bakteri ini umum ditemukan pada kulit dan di dalam hidung manusia tanpa menimbulkan masalah. Namun bakteri ini dapat menjadi penyebab bisul jika bakteri masuk akibat luka gores atau gigitan serangga dan masuk ke folikel rambut. Bisul juga bisa muncul disebabkan karena adanya faktor-faktor resiko penyebab bisul lainnya seperti :

  • Kontak langsung dengan penderita bisul

Ternyata bisul termasuk penyakit yang menular. Jadi, kita harus berhati-hati jika berhubungan langsung dengan penderita bisul. Usahakan agar tidak menyentuh langsung agar tidak tertular. Selain itu, sebaiknya tidak menggunakan barang-barang secara berbarengan dengan penderita bisul, seperti handuk, pakaian, dan lain-lain.

  • Kurang Menjaga Kebersihan

Sudah bukan rahasia lagi jika kondisi yang kurang terjaga kebersihannya akan memicu timbulnya berbagai penyakit, termasuk bisul salah satunya. Apalagi mengingat bisul merupakan penyakit yang menular, sehingga kita harus berhati-hati menjaga kebersihan.

  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah

Pada beberapa orang yang memiliki system kekebalan tubuh lemah seperti misalnya penderita HIV, penderita diabetes, dan orang yang menjalani kemoterapi, maka harus lebih berhati-hati karena imun tubuh yang lemah akan mudah tertular bisul.

  • Alergi

Penyebab BisulSalah satu penyebab bisul yang mungkin sering tidak disadari adalah alergi. Hal ini karena bisul bisa tumbuh akibat adanya respon terhadap allergen yang ada di udara. Terutama jika bekerja dengan pekerjaan yang bersentuhan langsung dengan debu dan bahan kimia. Maka hal ini akan menyebabkan bisul mudah tumbuh.

  • Luka

Penyebab BisulHati-hati dengan luka yang ada di tubuh! Kulit yang mengalami luka dapat terinfeksi bakteri dengan mudah sehingga masuk ke dalam rongga-rongga kulit dan menyebabkan bisul. Jadi sebaiknya hindari kontak fisik dengan tangan atau permukaan kotor pada daerah yang mengalami luka agar tidak terinfeksi bakteri. Untuk mengobatinya bisa dengan mengompres hangat dan jangan sesekali memencetnya agar tidak memperparah luka.

  • Sering Mencabut Bulu

Penyebab BisulJika kita sering mencabut bulu-bulu pada bagian tubuh sampai ke akarnya, sebaiknya mulai saat ini harus dikurangi intensitasnya. Hal ini karena mencabut bulu akan membuat pori-pori akan membuat pori-pori kulit terbuka lebar dan merenggang. Kondisi ini menyebabkan bakteri penyebab utama bisul yaitu Staphylococcus aureus masuk ke dalam jaringan kulit.

  • Banyak mengonsumsi makanan yang menyebabkan bisul

Penyebab BisulBeberapa jenis makanan diklaim dapat menyebabkan bisul, terutama karena mengandung lemak tinggi. Beberapa makanan yang diklaim menjadi penyebab bisul diantaranya telur, makanan berlemak, makanan cepat saji, dan susu. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya bisul secara berlebihan.

Baca Juga :  Mengintip Tips Make Up untuk Kulit Berminyak

Author Since: Mar 19, 2019

Related Post